Selamat Datang di Blog Manajemen Rumah Sakit

Pada bulan september 2010 saya dihubungi oleh Ibu Eti Nurhayati dan Ibu Martin Takarini dari RSHS untuk mengajar di mata kuliah Manajemen Operasi dan Logistik di Program Pasca Sarjana IKM Unpad Peminatan Administrasi Rumah Sakit. Walaupun agak mendesak waktunya, tapi saya terima tawaran tersebut dan mengajar di semester tersebut. Singkat cerita, respon yang saya terima dari mahasiswa cukup baik, walaupun pesertanya tidak banyak. Ada komentar bahwa apa yang saya sampaikan di kelas pada dasarnya diperlukan sekali dalam pengelolaan rumah sakit yang selama ini belum diketahui mahasiswa. Terima kasih kepada Ibu Juva dkk yang membantu saya menyelesaikan semester itu dengan sangat menyenangkan.

Di samping pengalaman berharga ini, secara pribadi pun saya mengalami hal-hal yang justru sebaliknya ketika mendapati pelayanan di rumah sakit. Saya duga banyak di antara kita mengalami hal serupa. Rumah sakit seolah hanya melihat aspek medis saja, bahwa pasien datang dan diobati. Melihat layanan yang diberikannya, seolah rumah sakit tidak peduli bagaimana lamanya pasien menunggu di ruang tunggu, bagaimana pasien mondar mandir dari satu instalasi ke instalasi lainnya untuk menyempurnakan proses pengobatan, bagaimana kualitas pelayanan fasilitas seperti tempat parkir, kebersihan, peralatan keamanan, dsb.

Kedua hal inilah yang menginspirasi saya untuk mendirikan Center for Service Management Studies pada awal 2011. Memang ada beberapa sektor yang menjadi concern utama, yaitu kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik. Alhamdulillah, sambutan dari mahasiswa di SBM-ITB pun sangat baik sehingga akhirnya sektor pelayanan kesehatan ini menjadi prioritas utama. Saat ini saya diberi amanah lagi untuk mengajar di program IKM, dan makin menguatkan saya bahwa saya harus membuat blog ini.

Semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

One thought on “Selamat Datang di Blog Manajemen Rumah Sakit

Leave a Reply